Saturday, October 16, 2010

Jenuh vs Semangat

Semangat...!
Satu faktor dalam hidup manusia yg tidak boleh hilang. Kenapa? Karena faktor tersebut yang menentukan gerak langkah hidup kita. (hmmm, berpikir sejenak) Tanpa semangat, jalan hidup manusia mengalami stagnasi, berhenti ditempat, atau bergerak maju amat sangat perlahan. Disadari atau tidak, semangat juga yang berperan mewarnai hidup manusia, disamping, cinta, masalah, dan semua aspek hidup manusia lainnya.

Semangat, juga terbagi dalam beberapa grade atau tingkatan. Ada yang semangatnya berlebihan, ada yang sedang ada juga yg biasa saja. Ada yang naik turun, ada yg stabil ada pula yg muncul diawal kemudian semakin menurun sampai akhirnya tiba pada titik "jenuh".

Jenuh berbeda tipis dengan rasa bosan,
jenuh lebih kepada hal-hal yang bersifat rutinitas dan karena penantian dalam jangka waktu cukup lama.
Sedangkan bosan lebih kepada sikap atau perasaan yg bisa datang tiba-tiba dan dipengaruhi lingkungan atau kondisi sekitar. Namun, keduanya sama. Kehilangan semangat!

Jenuh, memang "sedikit" lebih beresiko daripada bosan. Jenuh dapat bersifat permanen dengan efek yang permanen pula. Jenuh terhadap apapun. Yang paling berbahaya jika jenuh terhadap hidupnya sendiri. Bisa-bisa berujung pada penghilangan nyawanya sendiri. (iiihhhh serammm, amit-amit dehh).

Jenuh, bisa ditandai dengan beberapa gejala :
1. Mulai tidak menyukai kegiatan yg biasa dilakukan.
2. Terkadang mengeluh tanpa alasan yg jelas.
3. Tanpa disadari suka membanding-bandingkan dengan yg lain.
4. Memilih menghindari karena perasaan tidak nyaman jika tetap melakukannya.
5. Merasa terkungkung dan tidak bebas.

Jika sudah demikian, sebaiknya perlu cepat diatasi. Kenapa? Karena efeknya sangat tidak bagus. Lalu bagaimana mengembalikan semangat? Sebenarnya mudah (mengucapkannya mudah, prakteknya????) ada nats berbunyi, "hati yang gembira adalah obat, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang". Berarti cukup miliki hati yang gembira, semangatpun kembali datang. Tapi apa semudah itu, tentu saja tidak. Tidak akan terjadi apabila tidak dicoba, bahkan sesuatu yg mudah sekalipun jika tidak dicoba juga tidak akan terjadi.

Sejujurnya, sekarangpun she kurang semangat, mendekati titik jenuh, (hmmm, tidak juga sehh, masih ada jarak sekitar 500Km.. Heehheheehee...) Dengan menulis ini, she dapat semangat baru! Untuk jalani hidup indah yg Tuhan beri. akhh.. What a wonderful life. Thanks a lot, GOD.

No comments:

Post a Comment